Wirausaha

Sabtu, 08 Oktober 2011

MODIF MOTOR TUA



Modifikasi motor tua merupakan salah satu hobi yang unik. Unik karena bagi sebagian orang, pekerjaan ini adalah sebuah hal yang sia-sia serta menghabiskan waktu.
Apalagi, barang yang hendak dikerjakan tergolong barang yang sudah langka bahkan sebagian sudah punah. Salah satu indikasinya, terkadang pabrik yang memproduksi kendaraan tersebut sudah tutup.
Namun di sisi lain, bagi sebagian orang melakukan modifikasi motor tua adalah sebuah tantangan. Artinya, apabila bisa menghidupkan kembali bangkai motor yang sudah tinggal kerangka merupakan kebanggaan tersendiri. Tak jarang sebuah motor tua yang sudah dimodifikasi harganya bahkan setara dengan harga sebuah mobil baru.
Bagi para penggemar motor tua, nilai sebuah motor tua tersebut bukan terletak pada nilai nominal barang saja. namun nilai historis dan keunikan serta tingkat kelangkaan sebuah motor turut mempengaruhi harga jual sebuah motor tua. Kadang ada seorang pemilik motor tua yang enggan menjual motornya, meski ada yang menawar dan bersedia membayar berapapun harga yang diminta.




Tips Modifikasi Motor Tua
Jika Anda memiliki motor tua yang sudah usang, jangan buru-buru diloakkan. Tak ada salahnya Anda coba memodifikasi sehingga motor tersebut kembali layak melaju di jalanan. Beberapa tips untuk memodifikasi motor tua adalah :
  • Lihat jenis kerusakan dan jenis mesin. Jika masih bisa dicari onderdil yang orisinil dan terjangkau harganya, tentu bukan masalah. Jika onderdil orisinil sudah tidak ada, Anda harus menentukan jenis mesin dari motor apa yang sesuai untuk spare part motor tua Anda.
  • Berburu ke pasar loak. Tak jarang di pasar loak kita bisa menemukan spare part orisinil dari kendaraan yang kita butuhkan. Selain itu, di pasar ini harganya jauh lebih murah daripada kita harus membeli barang yang baru.
  • Carilah info pada penggemar motor tua. Sesama penggemar motor tua akan memiliki solidaritas tinggi. Mereka saling membantu anggota lain, yang membutuhkan informasi untuk mendapatkan spare part yang dibutuhkan. 
  • Jika semua usaha untuk mendapatkan barang yang sesuai sudah dilakukan dan gagal, Anda bisa mencoba langkah lain. Untuk bagian body, kita bisa disiasati dengan cara membuat replika dan memesannya. Sedangkan untuk mesin, Anda bisa mensiasati dengan cara memodifikasi mesin disesuaikan dengan onderdil yang Anda miliki.