Wirausaha

Selasa, 18 September 2012

Vega ZR Pakai Pakai Kampas Kopling Jupiter MX Atau Kharisma

Jika kita melongok jumlah kampas kopling di Yamaha Vega ZR pasti heran. Kenapa? Sebab, di besutan ini hanya punya dua lembar, berbeda dengan tunggangan bebek lain yang sudah lama mengadopsi empat lembar untuk kampas koplingnya.

Selain itu, dari hasil survei , ternyata banyak juga yang menanyakan soal substitusinya, “Kira-kira bisa gak, kalo kampas koplingnya pakai punya tunggangan lain?l
Nah  langsung praktikkan aja yah. Tetapi sebelum memulai, kita kudu mengumpulkan alat yang diperlukan. Obeng kembang, kunci T-8, T-12, ring 10, 12 dan 14. Sekarang fungsikan standar tengah di motor agar aman.
Pertama, suhu mesin motor harus dingin karena oli mesti dibuang. Caranya, buka baut pembuangan oli di sebelah kiri dengan kunci T-12 (gbr.1). Lalu lepas cover bawah yang masing-masing sisi terdapat tiga buah baut, gunakan obeng kembang

Selanjutnya, mencopot dua baut knalpot di depan pakai kunci ring 10, bagian tengah hingga belakang pakai kunci ring 12. Masih dengan kunci yang sama, kendurkan dan lepas empat baut untuk pegangan footstep di bagian bawah mesin.
Oh iya, jangan lupa kick starter juga mesti dilepas, agar lebih leluasa mencopot bak koplingnnya. “Cara melepasnya, kita tahan dengan tangan gagang kick starternya, lalu kendurkan baut penguncinya pakai kunci ring 14,” ucapnya.
Berikutnya, langsung kendurkan dan copot sebelas baut pengancing bak kopling dengan kunci T-8 (gbr.2)
Setelah itu, lepas 6 baut penahan rumah kopling pakai kunci T-8 (gbr.3) dan copot komponen tersebut satu per satu.Sekarang coba kita bandingkan perbedaan ruas kampas kopling Honda Karisma, Yamaha Jupiter MX dan Vega ZR. “Punya Karisma kampasnya lebih banyak namun kecil-kecil, sedang MX agak besar. Beda dengan Vega ZR, ruasnya lebih lebar dari yang lain,” ucapnya sambil menunjukkan bedany






KAMPAS KOPLING VEGA ZR, BEDA TAHUN BEDA TIPE


Kampas Kopling VegaZR lama (atas) dan baru (bawah)
Jangan keliru kalau ganti kampas kopling Yamaha VegaZR. Karena beda tipe antara VegaZR tahun 2009 dengan tahun selanjutnya.
Kalau tidak hati-hati dan teliti, bisa salah tuh.

Sekilas seperti tidak ada perbedaannya. Apalagi bentuk kampas koplingnya hampir mirip, bahkan kode partnya juga nyaris sama pula.

Tapi kalau dijejerkan, baru ketahuan bedanya. Kampas kopling VegaZR yang baru lebih rapat jarak " gigi" luarnya dibanding VegaZR tahun 2009. Supaya jelas, pelototin tuh fotonya.

Perbedaan lain di kode partnya. VegaZR lama kode partnya 5D9-E6321-00. Yang baru 5D9-E6321-20. Beda di dua angka terakhir! Bisa bikin bingung orang khan. Apalagi secara harga juga sama. HET nya sama-sama 31ribu per biji.

Supaya tidak salah, sebaiknya kalau beli kampas kopling VegaZR bawa kampas bekasnya sebagai contoh buat tokonya. Kalau masih salah, kebangetan tuh tokonyaaa